Perkakas Penting Yang Harus Ada Di Mobil

Perkakas Penting Yang Harus Ada Di MobilPerkakas Penting Yang Harus Ada Di Mobil

Selain pengecekan menyeluruh di bengkel, sebelum mudik siapkan perkakas di dalam mobil. Kenapa? Terkadang insiden terjadi di waktu dan tempat yang tak diharapkan. Ban bocor, aki soak dan lain sebagainya. Anda sebaiknya bisa mengatasi secara darurat dengan beberapa perkakas penting. Berikut perkakas penting yang perlu ada di kendaraan.

1. Dongkrak

Ban mobil Anda bocor di tengah jalan? Betapa terkejutnya jika mengetahui dongkrak yang seharusnya ada di dalam mobil ternyata tidak ada. Mungkin Anda pernah menggunakannya di rumah dan lupa menyimpannya kembali. Makanya, dongkrak harus selalu disimpan di dalam mobil setelah digunakan. Dongkrak tak hanya berfungsi untuk mengganti ban saja, tapi juga sangat bermanfaat untuk melakukan perbaikan darurat terutama untuk komponen yang terdapat di bagian kolong mobil. Dongkrak juga bisa digunakan untuk membantu mengembalikan ban mobil yang terperosok ke parit, kembali ke jalan.

2. Kunci Roda dan Tool Set

Dongkrak ada, tapi kunci roda tidak ada, ya sia-sia saja. Kunci roda masing-masing mobil bisa saja berbeda. Itu sebabnya, sama seperti dongkrak, pastikan kunci roda mobil Anda selalu disimpan di dalam mobil setelah digunakan. Simpan juga tool set berupa obeng dan kunci soket dalam beberapa ukuran. Peralatan ini bermanfaat untuk mengencangkan baut maupun komponen mobil lainnya. Tak hanya orang yang suka ‘ngoprek’ mobil sendiri yang wajib punya peralatan ini. Karena mengencangkan baut aki atau mengencangkan clamp selang radiator, adalah pekerjaan sederhana yang harusnya bisa dilakukan oleh siapa saja.

3. Kabel Jumper

Habis istirahat makan siang sebentar, Anda dan keluarga hendak melanjutkan perjalanan mudik. Tapi mobil tiba-tiba tak bisa dihidupkan. Ternyata Aki mobil Anda soak. Bengkel mobil terdekat tutup karena libur lebaran. Kabel jumper solusinya. Anda bisa meminta waktu pemilik kendaraan lain yang parkir di tempat Anda istirahat untuk membantu.

Cukup hubungkan kabel jumper dari aki mobil Anda dengan aki mobil kendaraan lain yang berkondisi baik dan mobil Anda bisa hidup kembali. Diamkan mesin menyala beberapa lama dan berikan waktu kepada alternator untuk mengisi kembali energi baterai. Setelah beberapa lama, matikan mesin dan diamkan. Lalu coba hidupkan kembali. Kalau mesin menyala normal berarti aki mobil Anda masih sehat. Lanjutkan perjalanan kembali! Kalau mesin susah hidup, berarti aki mobil Anda sudah lemah. Anda bisa jumper kembali kendaraan untuk sementara dan membawa mobil ke bengkel mobil atau rest point darurat yang banyak disediakan brand mobil sepanjang jalur mudik selama lebaran untuk menukar aki baru.

4. Peralatan Lain

Selain tiga perkakas penting tadi, ada juga beberapa perkakas lain yang wajib disimpan di mobil. Senter, misalnya. Saat malam hari, senter berguna mulai dari mencari cincin yang jatuh di dalam kabin mobil sampai menerangi ruang mesin saat melakukan perbaikan. Selain senter, sekarang banyak lampu LED yang bisa dicas dengan cahaya yang lebih terang.

Penting juga membawa botol kosong. Botol ini bisa digunakan untuk membawa bahan bakar jika mobil Anda kehabisan bensin di tengah jalan tol. Atau bisa digunakan untuk mengisi air radiator kalau air radiator Anda habis.

SUMBER  : oto.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *