Cara Merawat Mobil Baru Agar Tetap Stylish dan Oke - Nissan Jakarta Barat

Cara Merawat Mobil Baru Agar Tetap Stylish dan Oke - Nissan Jakarta BaratCara Merawat Mobil Baru Agar Tetap Stylish dan Oke – Nissan Jakarta Barat

Cara merawat mobil baru ini cukup sederhana, dan dapat menghindarkan Anda dari pengeluaran yang cukup banyak. Tips perawatan yang kami berikan ini tidaklah wajib untuk Anda lakukan setiap hari, akan tetapi paling tidak, Anda dapat melakukannya setiap satu minggu sekali atau 2 minggu sekali. Berikut ini adalah cara merawat mobil baru agar tetap prima dan oke, seperti dilansir laman otoboy.com

Cara merawat mobil baru

  1. Jaga Mobil dari Jamur

Untuk merawat mobil baru, cara yang harus Anda lakukan pertama kali adalah menjaga agar mobil terhindar dari serangan jamur pada bagian kaca mobil maupun cat body. Apabila jamur menempel atau bahkan sampai melekat pada kedua bagian tadi, maka tentu akan mengurangi kesan bersih pada mobil Anda. Cara mencegah agar jamur tidak menempel pada bagian tersebut adalah dengan menghindarkan mobil dari kelembapan yang biasanya terjadi saat mobil basah akibat hujan. Jika mobil basa karena hujan sebaiknya Anda bersihkan langsung dengan lap kering dan jangan memakaikan mantel mobil, sebab pemakaian mantel dikala hujan, justru akan memancing jamur datang dan hinggap di mobil.

  1. Cuci Mobil Setiap Kali Kotor

Mencuci mobil merupakan salah satu cara merawat mobil yang amat mudah dilakukan. Dengan mencuci mobil, tentu akan sangat membantu untuk dapat membuang noda-noda yang tersisa ketika Anda melakukan perjalanan. Kotoran yang Anda biarkan akan mengakibatkan penumpukan sehingga sulit untuk dibersihkan. Karena itu, jika Anda selesai bepergian segeralah bersihkan mobil Anda menggunakan air bersih lalu keringkan secara langsung menggunakan lap halus, seperti kanebo atau lap kering lainnya agar menghindarkan efek baret pada cat body mobil.

Baca Juga: Lakukan Cara Merawat Mobil Matic Ini Biar Mobil Anda Awet

  1. Hindari Mobil dari Cahaya Terik Matahari

Saat panas terik, sebaiknya Anda memarkirkan mobil baru Anda pada tempat yang teduh, seperti di bawah pohon atau tempat teduh lainnya yang tidak terkena paparan sinar matahari secara langsung. Sebab efek yang ditimbulkan oleh sinar matahari yang cukup panas akan sangat buruk, seperti membuat kondisi di dalam mobil menjadi panas serta membuat cat mobil cepat kusam.

  1. Bersihkan Interior Mobil Secara Rutin

cara merawat mobil baru
Sumber: Getty Images

Jika Anda ingin suasana di dalam mobil selalu fresh dan segar, Anda dapat melakukannya dengan sangat mudah. Cukup menyediakan lap bersih dan halus serta produk pembersih. Namun, teknik pembersihannya Anda harus menyemprotkan pembersih pada kain lap terlebih dahulu kemudia usapkan pada beberapa bagian interior mobil Anda, seperti dashboard, doortrim dan beberapa bagian lainnya. Akan tetapi, teknik ini hanya diperuntukkan bagia bagian interior mobil yang berbahan karet atau plastik, bukan bahan kain berbulu. Selain itu, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu pada beberapa bagian mobil, seperti kolong tempat duduk dan bagasi. Jika Anda menggunakan karpet mobil, sebaiknya Anda keluarkan terlebih dahulu untuk dicuci dan dikeringkan hingga bersih.

  1. Ganti Oli Secara Teratur

Bagi Anda yang baru saja mempunyai mobil baru dan lawas, sebaiknya Anda rajin mengganti oli mobil Anda paling lama 6 bulan sekali. Oli yang terlalu lama di dalam mobil pada umumnya akan mengalami pengendapan yang akan membuat performa mobil menjadi tidak prima.

Baca Juga: Ganti Oli Kendaraan Ditentukan Jarak Atau Waktu? Ini Jawabannya

  1. Gunakan BBM yang Sesuai

Cara merawat mobil baru lainnya yang perlu Anda ketahui adalah dengan memilih bahan bakar yang sesuai dengan jenis standar mobilnya. Jika mobil Anda menggunakan bbm jenis bensin, maka sebaiknya Anda menggunakan pertamax sebagai bahan bakarnya. Hal ini selain menguntungkan Anda dengan menjadikan mesin tetap mempunyai performa yang prima, juga membantu program pemerintah untuk mengurangi pemakaian BBM bersubsidi.

  1. Gunakan Mobil Secara Wajar dan Jangan Berlebihan

Untuk tetap mempertahankan performa mobil Anda agar tetap stabil dan prima, Anda disarankan untuk menggunakan mobil secara wajar, seperti menggunakan transmisi sesuai dengan kecepatan. Jika kecepatan rendah, maka pergunakan gigi rendah begitupun sebaliknya. Selain itu, jauhi pengereman secara mendadak sebab selain dapat merusak kampas rem, juga dapat menimbulkan kerusakan lain yang dapat menyebabkan mobil Anda tidak dapat berjalan stabil di jalan raya.

Itulah tips cara merawat mobil baru agar performa mobil Anda tetap stabil. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *